Menulis Naskah Iklan Menggunakan Copywriting untuk Kepentingan Komersial, Mulai dari ATP hingga AIDA

Copywriting sebagai naskah iklan, adalah naskah yang ditulis oleh seorang penulis naskah iklan
copywriting sebagai naskah iklan

A. CopyWriting

cara google optimasi seo - Apa itu copywriting, Kenapa penting? copywriting sebagai naskah iklan (Inggris; copywriting), adalah naskah yang ditulis oleh seorang penulis naskah iklan untuk disebarluaskan guna kepentingan komersial.

Contohnya, naskah iklan televisi, radio, majalah, koran, baliho, spanduk, dan lain sebagainya. Penulis naskah iklan lazim disebut CopyWriter, naskah atau teksnya disebut copywriting.

Copywriting juga bisa berarti kegiatan menulisnya. (source; Wikipedia)

Dalam praktiknya, naskah iklan tidak hanya berupa iklan konvensional atau berkategori 'Above The Line' (seperti iklan televisi, radio atau media cetak), melainkan naskah promosi apapun yang dibutuhkan oleh industri.

Misalnya, teks situs web, kalender, brosur, semboyan perusahaan, produk (tagline), surat penjualan (sales letter), rilis pers (press release), direct mail, nawala (newsletter) dan masih banyak lagi, (source; Wikipedia).

Baca Juga
Storytelling is Important for Copywriting Strategies
Baca Juga
Strategi Pemasaran, Gunakan Situs Web dengan Penerapan Pedoman dan Praktik Terbaik

Seorang penulis naskah iklan dituntut untuk mampu menulis teks secara kreatif dan berdasarkan riset.

Ia juga wajib menguasai teknik penulisan di banyak media, seperti cetak, situs web, audio, dan audiovisual, (source; Wikipedia).

Kalau secara sederhananya copywriting adalah sebuah seni menjual melalui tulisan.

Sebagai seorang pebisnis online, terkadang kita suka buru-buru merubah sesuatu.

Contohnya; Kalau kita punya iklan dan ternyata bikin produk kita enggak closing-closing, biasanya kita buru-buru langsung ganti iklannya.

Padahal sebelum merubah semuanya, ada yang bisa kita ubah terlebih dahulu yaitu copywriting-nya (penulisan iklannya).

Sebagai seorang pebisnis online yang tentunya semua aktivitas jualan dilaksanakan secara On-Line, maka skill copywriting ini sangat penting untuk dikuasai.

Semoga, Anda yang bersemangat belajar copywriting ini, bisa semakin banyak closing-nya setelah mempelajarinya.

B. Syarat Copywriting Bagus

  • Paham Target Pasar

Akan menjadi percuma kalau Anda memiliki copywriting yang bagus namun enggak paham target market Anda.

Pasti copywriting-nya akan jadi aneh ketika dibaca target market Anda.

Maka dari itu sebelum menulis copywriting, pastikan dulu Anda paham target marketnya siapa dan seperti apa. Sehingga, nantinya Anda jadi mudah untuk menentukan gaya copywriting Anda.

Misalkan ; Target market Anda adalah remaja 17 tahunan.

Pasti gaya copywriting Anda enggak mungkin menggunakan bahasa formal.

Karena bahasa formal itu akan Anda gunakan ketika target market Anda mungkin berumur 30 tahunan. karenanya sebelum membuat copywriting.

Pastikan dahulu Anda paham target marketnya.

  • Mau Nulis

Copywriting adalah salah satu skill penting yang wajib dikuasai oleh seorang pebisnis, apalagi bagi seorang pebisnis on-line itu sangat penting.

Dan faktanya copywriting ini adalah skil yang sangat bisa dipelajari.

Memang benar karena terkadang kita itu gagal bukan karena kemampuan kita yang kecil, tapi karena kemauan kita yang kecil.

Sama halnya dengan CopyWriting ini. Kalau Anda mau memulai menulisnya, maka Anda akan menjadi mampu membuat copywriting yang baik.

  • Action Terus Coba Terus

Sekali ngerjain dan langsung jadi expert itu enggak mungkin. Anda butuh waktu untuk terus mencoba dan coba terus.

Maka teruslah mencoba membuat copywriting Anda dan coba terus membuat copywriting sampai tujuan Anda tercapai.

C. Headline

Headline merupakan unsur yang sangat penting dalam copywriting.

Karena sebuah headline ini berguna agar orang tertarik dengan iklan kita.

Judul atau tulisan awal Iklan Anda adalah headline.

Untuk headline sendiri ada beberapa jenisnya, seperti berikut ini :

  1. 1. Headline yang lebih mengutamakan sisi keuntungan:

    • DISKON Besar 50% + 20%.
    • Beli 1 Gratis 1.
    • Cara Ampuh Keluar Dari Perang Harga Menggunakan Facebook & Instagram Ads.
    • Tips Praktis Mengatasi Masalah Marketing Produk Anda.
    • Tips Cepat Menulis Copywriting.
    • Cara Cepat Mengembalikan Berat Badan Ideal Pasca Melahirkan.
    • Paket Ekonomis Harga Meringis.
    • Makan GRATIS Sepuasnya Bagi yang Puasa Daud.
    • Makan Sepuasnya Cukup Bayar dengan Sedekah!
  1. 2. Headline yang bikin orang penasaran:

    • Inilah Cara Menghasilkan Cuan Hanya Bermodalkan Smartphone.
    • 7 Rahasia Jadian Tanpa Nembak.
    • Apa Yang Membuat Wanita Selalu Terlihat Cantik?
    • Bagaimana Cara Menurunkan 10 Kg Berat Badan Anda Dalam 1 Minggu.
    • Bagaimana Caranya Dari 50 Ribu Rupiah Bisa Jadi Jutaan Rupiah?
    • Tahukah Anda Cara Mudah Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Besar.
  1. 3. Headline yang bisa bikin customer terkejut takut habis:

    • Awas! Jangan Sampai Kehabisan.
    • Hati-Hati! Penuaan Dini Bisa Terjadi Kepada Anda Kapan Saja.
    • Saya Kaget Banget, Sumpah!
    • Nomor Rekening Kamu Berapa?
    • JualanTerus, Orderan Mulus.
    • Hati-Hati! IKlan Ini Jangan Dibaca!
    • Apakah Anda Mau Sukses?
  1. 4. Headline yang menggunakan pertanyaan:

    • Sudahkan Anda Makan Hari Ini?
    • Apa Kamu Mau Tahu Cara Berpenampilan Lebih Kece?
    • Apa Kamu Mau Tahu Hidup Lebih Sehat Dan Bugar Dengan Murah?
    • Siapa Lagi Yang Ingin Tubuh Atletis Dalam Waktu 5 Minggu?
    • Siapkah Anda Mendapat Banyak Order Setelah Ini?
    • Anda Pebisnis Online?
    • Bisakah Kita Jadi Orang Kaya?
  1. 5. Headline yang berisi pengakuan. Headline yang seolah-olah Anda mengaku sepihak tentang produk maupun bisnis Anda:

    • Suplemen Penurun Berat Badan Tercepat.
    • Buku Paling Laris di Tahun Ini.
    • Makanan Paling Enak di Indonesia.
    • Makanan Paling Mahal di Dunia.
    • Hotel Termewah di Jakarta.
    • Minuman Paling Segar di Jawa.
    • Satu-Satunya Sekolah di Indonesia Yang Berbasis IT & Religi.
    • Susu Formula Paling Enak Untuk Bayi.

Itulah beberapa jenis Headline beserta contohnya yang bisa Anda pergunakan di copywriting Anda.

Intinya headline ini digunakan untuk menarik perhatian dari target pasar Anda.

Hati-hati! Selayaknya jangan langsung nulis copywriting tanpa menentukan dulu Angle penawarannya.

Salah satu menggunakan Angle Penawaran yang mudah adalah mengeksplor Fitur dan Benefit produk.

Setiap produk pasti memiliki Fitur dan Benefit. Maka kita bisa gunakan itu untuk copywriting :

Fitur = Spesifikasi

Benefit = Kegunaan

Fitur itu adalah spesifikasi dari produk tersebut, misalkan :

  • Hijab Fitur-nya adalah bahannya adem.
  • HP Iphone punya Fitur kamera 20 MP wide.
  • Spidol Fitur-nya warna hitam.

Kemudian ada Benefit dari Fitur tersebut, misalkan :

  • Bahan adem Benefit-nya nyaman dipakai seharian.
  • Kamera 20 MP wide Benefit-nya bisa menghasilkan foto seperti Fotografer Profesional.
  • Warna hitam Benefit-nya membuat tulisan menjadi lebih jelas.

Nah, biar makin bagus antara Fitur dan Benefit itu disisipkan kata penghubung 'sehingga'.

Maka ketika kata itu digabungkan menjadi kalimat akan  menjadi seperti ini:

  1. Hijab ini bahannya adem sehingga bisa Anda pakai seharian dengan nyaman.
  2. HP ini memiliki fitur kamera 20 MP wide sehingga ketika Anda mengambil foto hasilnya seperti seorang Fotografer Profesional.
  3. Spidol ini berwarna hitam sehingga tulisan Anda bisa terbaca lebih jelas.

Menuliskan tentang 'Fitur' dan 'Benefit' itu sangat penting, karena terkadang orang itu tidak peduli dengan Fitur yang dimiliki produk kita.

Mereka akan lebih senang kalau tahu ada Benefit-nya. Sehingga ketika kita menuliskan copywriting harus memuat 'Fitur' dan 'Benefit' agar orang semakin paham dan tertarik dengan produk kita.

E. Teknik Menulis Copywriting

Sebelum menulis copywriting, ingat lagi yaa bahasan di atas tentang syarat copywriting bagus.

Lalu untuk teknik menulisnya, Anda bisa menggunakan rumus AIDA :

A = Attention

I = Interest

D = Desire

A = Action

Penjelasannya adalah :

  • Attention = Perhatian; Gunakan headline yang menarik untuk menarik perhatian customer Anda.
  • Interest = Minat; Bisa Anda lakukan dengan menceritakan problem dan solusi. Anda juga bisa dengan memberikan informasi atau fakta, statistik, studi kasus dan kondisi ideal dari hal yang terjadi di masyarakat.
  • Desire = Hasrat; Menciptakan keinginan bagi customer Anda. Di bagian ini, bisa Anda informasikan Fitur dan Benefit produk Anda atau bisa juga dengan menawarkan bonus-bonus yang Anda berikan untuk customer.
  • Action = Aksi; Kasih tahu apa yang harus dilakukan Customer setelah membaca copywriting Anda, misalkan; 

'Beli dengan Klik disini'

Itulah salah satu rumus menulis copywriting, rumus AIDA ini sudah banyak dipakai oleh para copywriter, sehingga akan memudahkan untuk Anda menirunya.

Kalau masih tahap belajar lakukan saja ATP (Amati, Tiru, Plek). Nah, nanti kalau sudah makin jago lakukan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Silahkan Anda coba praktekkan ya… Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment