Langkah Hebat 24 Cara Optimasi Situs

Berbagai indikator yang dapat menentukan kualitas search engine optimalizatio

Berbagai indikator yang dapat menentukan kualitas search engine optimalization (SEO; pengoptimalan mesin pencari). Diperlukan langkah hebat 24 cara optimasi situs web menggunakan SEO untuk bisa memenuhi semua indikator nilai pengoptimalan.

langkah-hebat-24-cara-optimasi-situs

Yuk, di simak indikator yang akan dijelaskan menggunakan tema artikel langkah hebat 24 cara optimasi situs web menggunakan seo.

1. Tambahkan Website di Google Search Console.

Google Search Console (sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster Tools), adalah platform gratis bagi para pemilik website, untuk memonitor bagaimana kinerja website di ranah organik Google. Google Search Console memungkinkan Anda untuk mengetahui domain yang memberikan link ke website Anda (referring domain), kinerja website di perangkat mobile, hingga analisis halaman website dengan trafik tertinggi.

Berikut ini adalah cara menambahkan website ke Google Search Console :

langkah-hebat-24-cara-optimasi-situs

  1. Login Akun Google.

  2. Buka Google Search Console (GSC).

  3. Klik Add Property.

  4. Pilih Website dari menu drop-down dan masukkan URL website Anda. Pastikan Anda menuliskan URL yang sama persis dengan URL yang muncul di browser.

  5. Klik Continue.

  6. Pilih Cara Verifikasi Google Search Console, menyediakan beberapa cara untuk verifikasi website, dari upload file HTML penyedia nama domain, HTML tag atau kode tracking Google Analytics. Pilih salah satu yang Anda inginkan.

  7. Tambahkan Domain Secara Terpisah.

Jika website Anda sudah mendukung versi http:// dan https://, tambahkan keduanya secara terpisah.

2. Pasang Google Analytics

Dengan Google Analytics, Anda bisa mengetahui pergerakan pengunjung, dari halaman pertama yang mereka kunjungi sampai di halaman apa mereka menutup website Anda. Selain itu, Google Analytics juga akan membantu Anda mengetahui halaman mana yang paling banyak menghasilkan conversion dan mana yang kurang maksimal. Berikut adalah langkah-langkah memasang Google Analytics di WordPress :

1. Buka Google Analytics (Pastikan Anda sudah punya akun Google).

langkah-hebat-24-cara-optimasi-situs

2. Klik Sign Up.

langkah-hebat-24-cara-optimasi-situs

3. Lengkapi informasi yang diminta.

langkah-hebat-24-cara-optimasi-situs

4. Setelah melengkapi informasi, klik Get Track ID dan Anda akan mendapatkan kode seperti di bawah :

langkah-hebat-24-cara-optimasi-situs

5. Install dan aktivasi Plugin Google Analytics by ShareThis.

6. Buka Setting > Google Analytics.

7. Masukkan kode Track ID di Web Property ID.

langkah-hebat-24-cara-optimasi-situs

8. Selesai.

Kini Google Analytics sudah terpasang di WordPress Anda. Setelah itu Anda bisa menggunakan Google Analytics untuk mendapatkan data perilaku pengunjung, hingga revenue bisnis online Anda. Berikut panduan cara menggunakan Google Analytics untuk bisnis online.

3. Buat Sitemap XML dan HTML

Sitemap adalah daftar berisi semua halaman website yang dapat diakses oleh pengunjung dan mesin pencari. Dengan adanya sitemap, website Anda akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan lebih cepat terindeks. Sitemap juga akan memberitahu mesin pencari ketika terjadi perubahan struktur di website. Terdapat dua jenis sitemap, yaitu sitemap XML dan sitemap HTML. Sitemap XML adalah sitemap yang diakses oleh mesin pencari, sedangkan sitemap HTML adalah yang diakses oleh pengunjung.

4. Install Plugin SEO Yoast

Memasang plugin Yoast SEO adalah langkah bijak untuk memulai rangkaian optimasi SEO yang panjang. Yoast SEO menyediakan berbagai fitur untuk meningkatkan kualitas SEO website Anda. Beberapa fitur utama Yoast SEO adalah mengubah title tag dan meta description, submit XML sitemap, mengubah permalink, verifikasi Google Search Console dan menganalisis konten Anda. Analisis konten adalah fitur paling menarik dari Yoast SEO. Fitur ini akan mengingatkan Anda jika ada konten Anda belum sesuai dengan kaidah SEO yang benar.

Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas, Yoast SEO memberikan analisis untuk penggunaan subheading, panjang kalimat, hingga panjang artikel. Anda tidak perlu mengecek kelengkapan konten secara manual, sehingga proses pembuatan konten bisa lebih cepat diselesaikan.

5. Optimasi Permalink

Website dengan struktur yang baik akan lebih mudah di identifikasi oleh Google. Saat melakukan proses pencarian, Google akan mengidentifikasi struktur website melalui permalink. Permalink adalah tautan URL yang untuk membuka sebuah halaman website.

Ketika pertama kali memasang WordPress, permalink default dari WordPress sedikit lebih rumit karena mengandung tanggal posting. Idealnya permalink berbentuk seperti contoh ini :

https://www.websiteanda.com/
judulartikel

Untuk mengubah permalink, ikuti instruksi di bawah ini :

1. Buka Dashboard WordPress.

2. Pilih menu Setting > Permalink.

langkah-hebat-24-cara-optimasi-situs

3. Pilih Struktur Permalink Post Name.

6. Install SSL

Sertifikat SSL atau yang lebih dikenal dengan SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer. Jika Anda memasang SSL di website, URL website akan berubah dari yang sebelumnya HTTP menjadi HTTPS. Tujuan utama pemasangan SSL adalah sebagai pengaman pertukaran data yang terjadi melalui jaringan internet. Salah satu indikator utama SEO terbaru adalah keamanan domain. Algoritma Google mengutamakan domain HTTPS dibanding domain HTTP. Selain itu, Google Chrome juga menganggap domain HTTP bukan domain yang aman, untuk memasukkan informasi penting seperti email, password, dan rekening. Supaya dianggap aman oleh Google, Anda harus menginstall SSL di website Anda, baik gratis maupun berbayar. Banyak perusahaan yang menyediakan SSL gratis seperti; Let’s Encrypt, Comodo, Get HTTPS for Free dan SSL for Free.

Dari empat penyedia SSL gratis itu, Let’s Encrypt merupakan yang paling populer. Sampai September 2018, Let’s Encrypt telah menerbitkan sertifikat SSL lebih dari 380 juta sertifikat. Anda bisa menambahkan SSL Let’s Encrypt dengan mudah melalui cPanel. Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka cPanel

2. Cari Let’s Encrypt

langkah-hebat-24-cara-optimasi-situs

3. Klik +Issue pada domain atau subdomain yang mau diinstall Lets Encrypt

langkah-hebat-24-cara-optimasi-situs

4. Klik Issue

langkah-hebat-24-cara-optimasi-situs

5. Sertifikat SSL berhasil diterbitkan

langkah-hebat-24-cara-optimasi-situs

6. Install Plugin Really Simple SSL agar semua konten dimuat di HTTPS.

langkah-hebat-24-cara-optimasi-situs

Jika menurut Anda fitur SSL gratis tidak cukup memenuhi kebutuhan, Anda juga bisa menggunakan SSL berbayar. Biasanya setiap penyedia layanan web hosting pasti menyediakan SSL berbayar.

7. Pasang Plugin Social Media

Google memang tidak menganggap share di media sosial sebagai faktor utama SEO sampai saat ini. Gary Illyes, Analis Google Webmaster; Menyatakan share di media sosial seperti Facebook dan Twitter tidak berpengaruh terhadap kualitas SEO secara langsung. Walaupun begitu, bukan berarti Anda bisa mengabaikan share di media sosial. Meski tidak secara langsung berpengaruh terhadap SEO, media sosial bisa membantu Anda membangun audiens baru, mengingat tingginya pengguna media sosial di Indonesia yakni 87 persen dari 147 juta pengguna internet secara keseluruhan.

Di media sosial, Anda bisa menjangkau pembaca baru melalui like, retweet, komentar dan share di media sosial. Misalnya, satu artikel Anda mendapatkan 50 like di Facebook dan setiap orang yang menyukai artikel itu punya setidaknya 100 teman. Dalam skenario terbaiknya, Anda bisa menjangkau 5000 orang baru melalui Facebook saja.

Untuk mulai mempromosikan konten Anda di media sosial, Anda harus memudahkan pembaca berbagi media sosial di website Anda dengan menyediakan tombol share di media sosial. Terdapat berbagai macam pilihan tombol share media sosial yang dapat Anda gunakan. Fitur yang ditawarkan setiap plugin pun berbeda-beda. Ada yang hanya menyediakan fitur tombol share media sosial. Ada juga yang menyediakan paket lengkap dari tombol share media sosial hingga ikon media sosial.

8. Optimasi untuk Perangkat Mobile

Mengenai kecepatan loading website di perangkat mobile sebagai indikator SEO terbaru. Pada 2018, Google secara resmi merilis algoritma Google Mobile First Index.

Jika sebelumnya Google menentukan ranking berdasarkan performa website di versi desktop, dengan Google Mobile First Index, kini Google menilai performa website melalui crawling website versi mobile. Artinya performa website yang buruk di versi mobile, akan berpengaruh buruk terhadap penilaian SEO Anda. Sayangnya, masih banyak pemilik website yang belum sadar akan pentingnya performa website di perangkat mobile.

Pada 2017, baru 21 persen pemilik website bisnis online yang sudah mengoptimasi website menjadi mobile friendly. Padahal sumber trafik terbesar saat ini adalah perangkat mobile. Di Indonesia saja, 94 persen pengguna internet mengakses internet melalui perangkat mobile. Agar performa website meningkat di perangkat mobile, Anda memerlukan tema WordPress yang mobile friendly.

Sangat disayangkan tidak semua tema WordPress beroperasi maksimal di smartphone. Anda harus mengubahnya menjadi mobile friendly secara manual. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena tersedia banyak plugin yang bisa mengubah tema WordPress menjadi mobile friendly.

9. Daftar Google Bisnisku

Khusus bagi para pemilik bisnis, mendaftarkan bisnis di Google Bisnisku adalah sebuah kewajiban. Google Bisnisku adalah fitur untuk pemilik bisnis, yang berguna untuk mempermudah calon konsumen, untuk mengetahui informasi lengkap bisnisnya. Dari nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email perusahaan, jam operasional, website perusahaan, foto kantor, hingga review pelanggan. Berikut ini contoh tampilan Google Bisnisku :

langkah-hebat-24-cara-optimasi-situs

Mungkin Anda bertanya; Apa hubungan Google Bisnisku dengan SEO? Dengan Google Bisnisku, visibilitas bisnis Anda akan semakin meningkat, terutama di hasil pencarian lokal, karena Google mengutamakan bisnis yang terdaftar di Google Bisnisku. Selama ini Google Bisnisku menjadi penyumbang trafik terbesar untuk SEO lokal pada 2017.

Ketika pengguna melakukan pencarian produk atau layanan lokal, Google akan menampilkan bisnis yang terdaftar di Google Bisnisku berdasarkan relevansi, kedekatan jarak dan penilaian review. Contohnya; Ketika berada di Randublatung, Blora dan mencari “ice cream” di Google akan mendapatkan hasil pencarian seperti di bawah ini :

langkah-hebat-24-cara-optimasi-situs

10. Targetkan Long Tail Keyword

Terdapat dua jenis kata kunci berdasarkan jumlah kata di dalamnya, yaitu Short Tail Keyword dan Long Tail Keyword.

Short Tail Keyword adalah kata kunci yang terdiri dari satu atau dua kata seperti “Membuat Blog” dan “Membuat Website”

Di sisi lain, Long Tail Keyword adalah kata kunci yang terdiri dari tiga kata atau lebih seperti “Cara Membuat Blog dengan WordPress” dan “Cara Membuat Blog dengan Blogger”.

langkah-hebat-24-cara-optimasi-situs

Volume pencarian long tail keyword cenderung lebih kecil, dibandingkan short tail keyword. Namun, Long Tail Keyword lebih efektif untuk mendatangkan trafik. Menurut Neil Patel, long tail keyword mendatangkan trafik 70 persen lebih tinggi dibandingkan Short Tail Keyword.

11. Gunakan LSI Keyword

Dari riset keyword Anda akan mendapatkan banyak kata kunci untuk ide artikel Anda. Namun, seringkali tool riset keyword memberikan kata kunci kaku dengan variasi yang terbatas. Sistem yang digunakan tool riset keyword biasanya menyeragamkan beberapa kata kunci yang serupa menjadi satu kata kunci. Akibatnya variasi kata kuncinya terbatas.

Padahal tidak semua orang menggunakan satu kata kunci yang sama persis, ketika mencari sebuah topik. Orang-orang menggunakan berbagai macam variasi kata kunci, untuk mencari topik tertentu. Anda perlu mengetahui variasi kata kunci tersebut, agar artikel Anda menjadi lebih manusiawi.

Variasi kata kunci itu disebut sebagai LSI Keyword LSI adalah kependekan dari Latent Semantic Indexing (Indeksasi Semantik Laten). LSI Keyword merupakan kumpulan kata kunci yang ditemukan di satu topik tertentu dan saling berhubungan secara semantik. Untuk menemukan variasi kata kunci tersebut, Anda bisa menggunakan layanan seperti LSIGraph atau LSIKeywords.

12. Buat Evergreen Content

Evergreen content adalah jenis konten yang tahan lama,  tidak mudah basi. Setiap niche pasti punya evergreen content-nya masing-masing. Jenis konten ini biasanya memiliki tren pencarian yang stabil, orang-orang selalu mencari konten seperti ini. Misalnya, di niche teknologi, pengertian website merupakan salah satu topik yang tren pencariannya, selalu stabil selama bertahun-tahun.

Anda bisa menggunakan Google Trends untuk mengecek tren sebuah kata kunci Google Trends, memungkinkan Anda untuk mengetahui tren kata kunci hingga 5 tahun terakhir. Kata kunci untuk evergreen content biasanya tetap dicari setiap bulannya.

langkah-hebat-24-cara-optimasi-situs

Meskipun terkadang mengalami penurunan volume pencarian, kata kunci untuk evergreen content cenderung menunjukkan tren kenaikan, atau setidaknya stagnan.

13. Buat Konten yang Lengkap dan Solutif

Google menilai kelengkapan satu konten dari kuantitas dan kualitasnya. Kuantitas artikel dilihat dari panjang artikel. Google menilai artikel panjang sebagai artikel yang lengkap dan bisa menjawab pertanyaan para pencari.

Berapa panjang artikel yang harus Anda tulis agar disukai oleh Google? Berdasarkan analisis yang pernah dilakukan, rata-rata panjang artikel blog yang muncul di halaman pertama hasil pencarian Google adalah 1890 kata. Jadi usahakan panjang artikel blog Anda berada di sekitar angka tersebut.

Selain kuantitas yang dinilai dari jumlah kata, artikel Anda juga harus bagus secara kualitas. Kualitas sebuah artikel dinilai dari kemampuannya menjawab pertanyaan pencari. Jika Anda sudah menulis artikel lebih dari 2000 kata dan masih susah untuk naik ke peringkat pertama, mungkin masalahnya terletak pada konten yang kurang solutif. Jangan sampai Anda menulis artikel 2000 kata yang isinya hanya basa-basi dan tidak memberikan solusi yang dibutuhkan pencari.

Ingat, panjang artikel 1890 kata adalah rata-rata, bukan angka mutlak. Anda bisa menulis artikel kurang dari 1890 kata atau lebih dari itu. Sesuaikan panjang artikel dengan konteks topik yang sedang Anda bahas. Jika 1000 kata sudah cukup menjelaskan topik secara lengkap dan detail, tidak perlu memaksakan untuk menambah jumlah kata sampai 1800 kata. Lebih baik gunakan waktu Anda untuk membuat infografik atau video untuk mendukung artikel.

14. Optimasi Heading

Ketika sudah menulis artikel 2000 kata, coba posisikan diri Anda sebagai pembaca. Apakah membaca artikel sepanjang itu mudah? Bagaimana menemukan poin-poin utama di antara ribuan kata? Tentu sulit bukan? Seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami.

Pembaca tidak perlu menghadapi kesulitan itu, jika Anda memanfaatkan heading WordPress, menyediakan fitur Heading untuk memberi penekanan pada poin-poin tertentu dalam sebuah artikel. Heading membantu pembaca untuk menemukan garis besar atau pokok bahasan dalam artikel yang dibacanya.

Tidak hanya menguntungkan pembaca, heading juga membantu mesin pencari memahami konten yang Anda tulis. Heading memudahkan bot untuk melakukan crawling di konten Anda dan melihat heading sebagai pokok bahasan artikel.

WordPress sudah menyediakan fitur heading sejak lama di editornya. Di versi editor Guttenberg, Anda bisa menemukan fitur heading di sebelah kanan blok. :

langkah-hebat-24-cara-optimasi-situs

Kemudian pilih jenis heading yang Anda inginkan, H2, H3 atau H4. Sebaiknya gunakan H2 untuk poin utama konten Anda. Pastikan Anda memasukkan focus keyword di H2. Heading jenis H3 dan H4 bisa Anda gunakan untuk menjelaskan turunan topik dari H2.

15. Maksimalkan Internal Link dan External Link

Internal link adalah link dari satu halaman ke halaman lain dalam satu website yang sama. Internal link membantu mesin pencari memahami konteks dan hubungan antara halaman di website. Google mengutamakan website yang kontennya saling berhubungan dan Anda bisa menunjukkan hubungan antar konten itu melalui internal link. Internal link secara tidak langsung juga membantu meningkatkan waktu yang dihabiskan pengunjung di website/blog Anda. Dengan adanya internal link, pengunjung akan lebih mudah berpindah ke halaman lain dalam website, untuk membaca konten yang berhubungan dengan konten sebelumnya.

Namun, perlu diingat juga bahwa internal link harus menghubungkan konten yang benar-benar saling berhubungan. Selain internal link, Anda juga perlu menambahkan external link ke website berkualitas di konten Anda. Misalnya, Anda ingin mengutip satu data dari website lain, tambahkan link website tersebut di konten Anda sebagai external link. Mengutip dari sumber terpercaya, langkah tersebut menunjukkan profesionalitas Anda dalam membuat konten dan ini merupakan sinyal baik bagi pembaca.

16. Optimasi Ukuran Gambar

Menambahkan gambar ke konten website maupun blog, adalah langkah bagus agar pengunjung tidak bosan dengan teks. Selain itu, gambar juga dapat membantu pengunjung untuk memahami konten Anda. Namun, Anda juga perlu mengoptimasi gambar yang Anda unggah, supaya tidak memperlambat loading website atau blog. Ada berbagai layanan kompres atau pemampatan gambar yang bisa Anda gunakan, untuk mengecilkan ukuran gambar tanpa merusak kualitasnya.

Beberapa di antaranya adalah TinyPNG, ILoveIMG, Trimage, Kraken dan OptiPNG. WordPress juga menyediakan berbagai plugin untuk membantu Anda menyelesaikan masalah optimasi gambar. Beberapa plugin yang bisa Anda gunakan adalah Imagify Image Optimizer, ShortPixel Image Optimizer, WP Smush dan Optimus Image Optimizer.

17. Optimasi SEO Gambar

Selain mengoptimasi gambar, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar gambar yang diunggah lebih SEO Friendly.

1. Optimasi Image Title Text

Image title text akan muncul ketika pengunjung mengarahkan kursornya ke gambar tersebut. Meskipun tidak terlalu penting untuk SEO, trik ini bisa meningkatkan kualitas pengalaman pengunjung.

langkah-hebat-24-cara-optimasi-situs

Untuk mengubah image title tersebut, klik gambar yang sudah Anda unggah di post, lalu akan muncul ikon pensil yang akan mengarahkan Anda untuk mengedit gambar.

langkah-hebat-24-cara-optimasi-situs

Setelah itu, di pilihan Advanced Option, Anda bisa mengubah image title text pada kolom Image Title Attribute.

2. Ubah Alt Text

Alt text gambar memberikan indikator kepada Google tentang apa laman tersebut. Dengan begitu gambar tersebut akan lebih mudah untuk muncul di hasil pencarian gambar Google.

Jika Anda mengunggah beberapa gambar dalam satu posting, alt text gambar pertama harus mengandung focus keyword yang ditargetkan. Gambar-gambar selain itu bisa menggunakan alt text yang masih mengandung focus keyword, tetapi dengan variasi yang masih relevan.

langkah-hebat-24-cara-optimasi-situs

Untuk mengubah alt text gambar, kembali klik ikon pensil pada gambar yang diunggah sehingga muncul Image Details. Kemudian masukkan focus keyword atau kata kunci yang masih relevan di kolom Alternative Text.

3. Penggunaan Nama File

Gunakan nama file yang sesuai sebaiknya jangan menamai file gambar dengan asal-asalan. Buatlah nama file gambar yang mengandung focus keyword yang Anda targetkan.

Nama file gambar bisa membantu gambar tersebut untuk muncul di Google Image Search yang bisa menjadi salah satu sumber trafik.

Oleh karena itu, sebelum mengunggah ke WordPress sebaiknya ubah nama file gambar Anda sesuai dengan focus keyword.

Selain itu, jangan lupa untuk memakai tanda penghubung antar kata di nama file tersebut. Hal ini agar Google membacanya sebagai spasi. Jika tidak menggunakan tanda penghubung, nama file gambar tersebut tidak akan terbaca sebagai kata-kata yang terpisah.

18. Tambahkan Infografik

Membaca teks panjang bisa menjadi aktivitas melelahkan bagi kebanyakan orang. Gambar atau foto saja terkadang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan visual pembaca. Maka dari itu, Anda perlu memperkaya jenis konten visual di website atau blog. Salah satunya adalah dengan menggunakan infografik.

Infografik membuat konten yang sulit menjadi lebih mudah dipahami pembaca. Selain itu, infografik punya kemungkinan 3 kali lebih besar untuk dibagikan di media sosial dibandingkan gambar biasa. Dengan begitu, konten Anda akan dibagikan secara sukarela oleh pembaca dan punya kemungkinan untuk viral dibanding konten tanpa infografik.

19. Tambahkan Video

Untuk bisa bersaing dengan kompetitor, Anda dituntut untuk menulis artikel panjang sekitar 1900 kata. Di sisi lain, membaca artikel panjang juga menjadi pekerjaan berat bagi pengunjung website. Jika menambahkan infografik atau ilustrasi menarik belum cukup efektif, untuk membantu pembaca blog bertahan lebih lama, Anda bisa menambahkan video.

Video merupakan cara paling efektif untuk membuat pengunjung website betah membaca artikel panjang Anda. Semakin betah pengunjung website membaca artikel Anda, semakin baik kualitas SEO Anda di penilaian Google. Artikel yang dilengkapi video memiliki kemungkinan 53 kali lebih besar untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian dibanding artikel tanpa video.

20. Guest Post ke Website Berkualitas

Idealnya, orang-orang akan membaca konten Anda lalu menjadikannya referensi, dengan menempatkan tautan menuju website Anda. Sayangnya, tidak banyak orang yang bersedia secara sukarela memberikan backlink. Mau tidak mau, Anda harus menjemput bola. Salah satu caranya adalah dengan Guest Post. Guest Post adalah menulis artikel bukan untuk diterbitkan di blog sendiri, melainkan di blog maupun website orang lain. Artikel tersebut di berikan ekternal link, agar terdapat link yang mengarah ke blog atau website Anda.

Metode ini cukup efektif untuk mendapatkan backlink berkualitas. Supaya menghasilkan backlink berkualitas, Anda perlu memilih dengan cermat website yang akan menerbitkan guest post Anda. Pilihlah website atau blog yang kualitasnya jauh lebih baik dari Anda, baik dari segi trafik maupun domain rating. Anda bisa bekerja sama dengan blogger influencer atau media online untuk melakukan guest post.

21. Update Konten Lama

Konsisten membuat konten baru untuk website atau blog memang langkah bagus. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikan konten-konten lama yang sudah Anda terbitkan. Bisa jadi konten-konten tersebut adalah sumber trafik yang tidak kalah banyak dari konten baru. Mungkin ada banyak konten lama yang performanya masih bisa ditingkatkan. Sebelum melakukan optimasi konten lama, Anda perlu melakukan evaluasi untuk menentukan konten mana yang berpotensi menghasilkan trafik.

Anda bisa melakukan evaluasi ini menggunakan bantuan Google Search Console. Melalui Google Search Console, Anda bisa mengetahui performa masing-masing halaman website di hasil pencarian. Temukan konten yang mendapatkan impression tinggi dengan CTR rendah. Keadaan tersebut mengindikasikan konten sudah muncul di hasil pencarian, tetapi tidak banyak orang yang membuka atau mengklik konten tersebut. Biasanya hal ini disebabkan oleh kurangnya kata kunci yang sesuai dengan maksud para pencari atau penelusur di pencarian google telusur.

Untuk mengecek kinerja per halaman website di Google Search Console, ikuti langkah berikut :

langkah-hebat-24-cara-optimasi-situs

  1. Buka tab Performance

  2. Klik Pages

  3. Pilih Halaman Website yang Ingin Anda Lihat Kinerjanya

  4. Lalu Klik tab Queries

  5. Setelah itu, akan Muncul Kata Kunci yang Menghasilkan Impression untuk Halaman tersebut.

Berdasarkan laporan dari Queries, Anda bisa melengkapi informasi di artikel menggunakan kata kunci yang menghasilkan impression untuk halaman tersebut. Dengan begitu kemungkinan halaman website tersebut untuk muncul di berbagai kata kunci lebih besar. Artikel Anda akan semakin kaya akan informasi yang sesuai dengan apa yang dicari oleh orang-orang di mesin pencari.

22. Posting di Medium

Selain menjalin kerja sama dengan blogger dan media online melalui guest post, Anda juga bisa memanfaatkan platform medium untuk mendapatkan backlink berkualitas. Medium adalah platform community journalism dengan 60 juta pembaca setiap bulannya. Medium memungkinkan Anda untuk menerbitkan kembali (republish) konten website Anda di platformnya dan memberikan canonical link (url kanonis).

Canonical link berfungsi untuk memberi tahu mesin pencari bahwa dua konten yang identik sebagai satu URL yang sama, sehingga tidak akan merusak reputasi SEO website Anda. Selain fitur import, Anda juga bisa menerbitkan konten baru yang masih berkaitan dengan website Anda di Medium dan meletakkan link ke salah satu konten di blog Anda. Meskipun hanya menyumbang link no-follow, penggunaan Medium tetap layak Anda coba untuk mempromosikan blog atau website Anda.

23. Periksa Broken Link

Coba perhatikan satu per satu artikel yang sudah Anda terbitkan. Hampir semua artikel tersebut kemungkinan besar mengandung tautan maupun link, baik link internal maupun link eksternal. Niat awal Anda meletakkan tautan-tautan tersebut adalah untuk mempermudah pengunjung website berpindah-pindah, dari satu halaman ke halaman lain atau untuk mengakses sumber informasi dari website lain.

Sayangnya, terkadang tautan-tautan tersebut mengalami kedaluwarsa atau error. Tautan kedaluwarsa akan mengarahkan pengunjung ke halaman yang tidak sesuai atau bahkan halaman error 404. Hal tersebut bisa menurunkan kualitas pengalaman pengunjung. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pemeriksaan link secara reguler, agar pengunjung selalu diarahkan ke halaman yang semestinya. Untuk melakukan pemeriksaan link, Anda bisa menggunakan Google Search Console.

24. Pergunakan Email Marketing

Kebanyakan orang merasa sudah cukup membagikan kontennya melalui media sosial. Padahal media sosial bukan satu-satunya platform untuk membagikan konten. Salah satu platform yang mungkin Anda abaikan adalah email marketing. Email marketing masih terbukti efektif untuk mendatangkan trafik. Menurut Conductor (situs teknologi), Email marketing adalah kanal marketing paling efektif menghasilkan trafik setelah pencarian organik. Salah satu alasan mengapa email marketing efektif? Dengan mempergunakannya, Anda bisa berkomunikasi dengan pembaca di level lebih personal, karena Anda langsung menghubungi pembaca melalui email.

Nah sebaiknya, untuk menarik pembaca bersemangat melakukan kunjungan ke blog Anda, perlu menyediakan reward untuk memotivasi pengunjung blog, agar memberikan alamat email mereka, melalui subscribe blog atau newsletter. Beberapa reward yang bisa Anda pergunakan adalah ebook gratis, konten eksklusif atau diskon khusus.

Yeah... Pembaca
Terimakasih
, telah berkunjung serta membaca konten tentang SEO yang kami update di blog Sejauh Mata Memandang site; dplrdbmdnmemory.

Alangkah senangnya apabila Anda mengunjungi artikel kami yang lainya.

Jangan Lupa Audit SEO !!
Last but not least

Setelah menerapkan berbagai langkah optimasi SEO di atas, ada satu langkah lagi yang perlu Anda lakukan, yaitu Audit SEO. Audit SEO adalah evaluasi terhadap setiap langkah optimasi SEO yang telah dilaksanakan. Evaluasi ini penting untuk memeriksa jika terjadi kesalahan atau error di masing-masing konten. Selain itu, audit SEO juga penting agar Anda bisa memperbarui langkah optimasi jika Google merilis algoritma baru. Setidaknya audit SEO dilakukan minimal 2 kali dalam setahun.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url