SEO Memulai Situs Web Optimal

Mereka beranggapan SEO tidak lagi relevan di digital marketing. Anda akan menemukan banyak artikel yang membahas tidak efektifnya SEO untuk digital marketing

seo-memulai-situs-web-optimal

Polemik Penggunaan SEO

Banyak orang beranggapan bahwa seo memulai situs web optimal sudah tidak penting lagi untuk dipelajari. Mereka beranggapan SEO tidak lagi relevan di digital marketing. Anda akan menemukan banyak artikel yang membahas tidak efektifnya SEO untuk digital marketing.
Apakah anggapan tersebut benar ?
Kabar baiknya anggapan itu hanya ucapan semata. SEO  bahkan masih menjadi salah satu metode digital marketing paling penting. Kenyataannya kualitas SEO website Anda menjadi penentu performa website di hasil pencarian.
Let’s get started !!

1. SEO Search Engine Optimation

Kualitas SEO yang baik memungkinkan website Anda untuk lebih mudah memperoleh peringkat teratas di hasil pencarian. Dengan begitu website Anda akan lebih mudah ditemukan oleh siapa saja melalui mesin pencari. Konten ini akan memandu Anda melakukan langkah-langkah optimasi SEO sampai website Anda mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian Google.

2. SEO Penting dan Relevan untuk Website atau Blogsite

SEO masih relevan dan akan terus relevan untuk kesuksesan digital marketing Anda. Bahkan SEO menentukan posisi website Anda di hasil pencarian. Tentu pernyataan-pernyataan di atas hanya menjadi omong kosong belaka tanpa ada fakta pendukung. Ada beberapa penjelasan mengapa Anda harus segera mengoptimasi SEO dan manfaat apa saja yang bisa Anda peroleh dari SEO.

2.1. Mesin Pencari Adalah Sumber Informasi Utama

Kemajuan di bidang teknologi mengubah perilaku masyarakatnya, salah satunya adalah dalam mencari informasi. Jika dulu mencari informasi cukup dengan koran, televisi atau radio, kini orang-orang bisa mendapatkan informasi hanya dengan satu klik saja, yaitu menggunakan mesin pencari.
Di Indonesia sendiri, 72 persen pengguna internet sudah terbiasa untuk menggunakan mesin pencari seperti Google untuk mencari berbagai macam informasi, dari informasi harga, berita, informasi kesehatan, hingga informasi politik.

2.2. Sebagian Besar Trafik di Dominasi Halaman Pertama

Muncul di hasil pencarian Google saja belum cukup. Jika website Anda hanya muncul di halaman kedua, ketiga atau bahkan di atasnya, kemungkinan untuk mendapatkan trafik tinggi lebih kecil.
Menurut penelitian Infront Webworks, 91,3 persen trafik didominasi oleh website yang muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Lebih detail lagi, tiga posisi teratas halaman pertama hasil pencarian memperoleh sebagian besar trafik. Secara berurutan, posisi pertama, kedua dan ketiga masing-masing mendapatkan trafik sebesar 29,5 persen, 13,2 persen dan 9,3 persen.

2.3. Website Anda Muncul di Berbagai Kata Kunci

SEO memungkinkan website Anda untuk ditemukan dari berbagai kata kunci. Dengan kualitas SEO yang baik, Anda bisa menjangkau lebih banyak trafik menggunakan berbagai macam kata kunci yang berhubungan dengan topik utama Anda.

Misalnya, topik utama website/blog Anda adalah gadget. Anda tidak melulu harus membahas review gadget di website. Ada banyak kata kunci berkaitan dengan gadget yang bisa Anda targetkan. Anda bisa membahas aplikasi mobile, review gadget, tips merawat gadget atau berita gadget terbaru.

2.4. Membangun Brand Awareness dan Kredibilitas

Semakin mudah website Anda ditemukan di hasil pencarian Google, semakin banyak orang yang mengetahui website Anda. Dengan begitu orang-orang akan semakin familiar dengan bisnis Anda dan tahu kalau bisnis Anda punya website.
Mungkin mereka tidak langsung melakukan pembelian, tetapi setidaknya mereka sudah tahu kalau bisnis Anda akan menyediakan kebutuhan mereka.

2.5. Trafik dari SEO Lebih Mudah di Konversi

Salah satu alasan mengapa SEO sangat krusial untuk bisnis adalah kemudahan untuk konversi (conversion). Pengunjung yang datang dari trafik organik cenderungl lebih mudah dikonversi menjadi leads atau pelanggan.
Menurut Similar Web, trafik dari pencarian organik 10 kali lebih mudah dikonversi dibandingkan trafik dari media sosial.

2.6. Membangun Online Presence dengan SEO

Mencari informasi melalui mesin pencari sudah menjadi ketergantungan bagi sebagian besar pengguna internet di seluruh dunia.
Bahkan Google menyebutkan; Sekarang ini masyarakat sudah memasuki Zero Moment of Truth (ZMOT). ZMOT adalah keadaan di mana orang-orang selalu mengandalkan mesin pencari informasi produk sebelum melakukan pembelian, bahkan saat berada di toko fisik sekalipun.
Menurut Google, 88 persen konsumen melakukan riset online sebelum melakukan pembelian. Keadaan ini menuntut pemilik bisnis untuk bisa memiliki online presence yang baik agar bisa selalu ditemukan di dunia maya. Salah satu cara terbaik untuk membangun online presence yang baik adalah dengan meningkatkan kualitas SEO.

3. Delapan (8) Indikator Utama SEO

Sebelum membahas mengenai tips-tips untuk mengoptimasi SEO website Anda, sebaiknya Anda juga perlu memahami faktor atau indikator apa saja yang berpengaruh terhadap kualitas SEO. Indikator SEO terus berubah mengikuti update algoritma dari Google. 
Google menggunakan macam-macam indikator untuk menentukan halaman website mana yang paling layak berada di posisi teratas. Indikator-indikator tersebut berfungsi untuk menilai semua halaman website di indeks Google dan menentukan posisi di hasil pencarian Google. Berikut adalah delapan indikator utama SEO :

3.1. Struktur URL

Struktur URL yang baik memudahkan mesin pencari untuk mengenali website Anda dan topik utama yang Anda bahas. Sebaiknya buat struktur URL yang sederhana, cukup mengandung nama domain dan judul artikel. Berikut adalah contoh URL yang terstruktur; 
https://www.websiteanda.com/ judulartikel

3.2. Keamanan Domain

Keamanan merupakan hal krusial dalam dunia maya. Pengguna internet harus berhati-hati dalam memberikan informasi pribadinya kepada website untuk menghindari penyalahgunaan informasi pribadi. Untuk mengatasi masalah tersebut, Google lebih mengarahkan pencarian pada website dengan standar keamanan yang baik. 
Sejak 2014, Google mulai mengutamakan website-website yang keamanan domainnya dinilai baik. Keamanan domain yang bagus dapat dilihat dari kepemilikan SSL (HTTPS) di domainnya. Selain itu, sejak Januari 2017 Google Chrome mulai menerapkan kebijakan website yang hanya menggunakan HTTP sebagai website tidak aman untuk menyerahkan informasi pribadi seperti alamat email dan rekening. Jika domain website Anda masih menggunakan HTTP, sekarang adalah saat yang tepat untuk segera menggantinya ke HTTPS.

3.3. Topik Konten

Di poin pertama sudah terdapat penjelasan sedikit tentang struktur website yang baik. Anda harus memiliki beberapa topik utama yang saling berhubungan untuk membangun struktur website yang baik. Setelah menentukan beberapa topik utama, Anda perlu membuat konten mengenai topik-topik tersebut. Semakin banyak konten yang membahas satu topik tertentu, semakin besar kemungkinannya untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian topik tersebut.
Misalnya, Anda membuat blog kuliner dengan salah satu topik utamanya adalah review restoran. Jika blog Anda memiliki 30 konten yang membahas hal tersebut, kemungkinannya untuk berada di posisi teratas hasil pencarian Google lebih besar dibanding blog dengan 5 konten yang membahas topik serupa.

3.4. Search Intent

Search intent atau maksud pencarian adalah apa yang diinginkan oleh kebanyakan pencari terhadap satu kata kunci tertentu. Satu kata kunci bisa dimaksudkan untuk dua hal yang berbeda atau lebih. Misalnya, ketika memasukkan kata kunci “big bang theory”, halaman teratas di hasil pencarian Google adalah serial televisi Amerika yang berjudul The Big Bang Theory, bukan halaman yang membahas ledakan dahsyat (big bang theory).

seo-memulai-situs-web-optimal

Mengapa bisa terjadi seperti itu?
Sebab kebanyakan pengguna yang mencari kata kunci “big bang theory” bermaksud untuk mencari serial televisi, bukan teori sainsnya. Jadi Google mengutamakan halaman website yang sesuai dengan search intent mayoritas pengguna. Sebelum menulis sebuah konten, pastikan Anda menyesuaikannya dengan search intent pengguna terlebih dahulu. Konten yang tidak sesuai dengan search intent memiliki kemungkinan sangat kecil untuk mendapatkan posisi tinggi di hasil pencarian.

3.5. Struktur Konten

Konten yang sesuai keinginan para pencari saja belum cukup. Anda harus membuat konten yang terstruktur dan mudah dimengerti oleh pembaca. Mudahkan pembaca dalam menemukan jawabannya di konten Anda. Caranya adalah dengan menggunakan heading dan subheading untuk poin-poin paling penting dalam konten. 
Sebagai tambahan, Anda juga bisa menambahkan foto, gambar ilustrasi, infografik atau bahkan video untuk membantu pembaca memahami konten Anda. Pembaca akan menghabiskan waktu lebih lama di blog jika mereka menyukai konten Anda. Semakin lama waktu yang mereka habiskan di blog Anda, semakin besar kemungkinan konten Anda untuk mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian.

3.6. Meta Tags

Meta tags membantu Google untuk memahami keseluruhan konten di sebuah halaman website. Meta tags terdiri dari title tag dan meta description.
Pertama; title tag adalah judul artikel Anda yang muncul di hasil pencarian. Judul artikel tidak boleh terlalu panjang karena Google akan memotongnya dan disesuaikan dengan standarnya.
Kedua; meta description adalah teks singkat yang menjelaskan tentang konten Anda di hasil pencarian. Teks ini terletak tepat di bawah judul dan URL artikel. Meta description biasanya terdiri dari 120 sampai 130 karakter.

3.7. Backlink

Backlink atau sering juga disebut sebagai external link atau inbound link adalah link yang dipasang pada suatu blog dan website lain yang mengarah ke halaman blog atau website Anda.
Backlink masih menjadi salah satu faktor penting untuk SEO. Semakin banyak backlink ke website Anda, Google akan menganggap website Anda memiliki kredibilitas tinggi. Namun, backlink tersebut juga harus berasal dari website atau blog berkualitas.

3.8. Kecepatan Website

Last but not least,
Faktor penentu SEO terakhir adalah kecepatan website. Kecepatan loading website memegang peranan penting dalam kualitas SEO Anda.
Google sudah menjadikan page speed (kecepatan loading halaman) sebagai salah satu indikator sejak 2010. Namun, pada saat itu Google hanya fokus pada kecepatan loading di perangkat desktop.
Pada 2018, Google memperbarui regulasinya dengan mengikutsertakan kecepatan loading di perangkat mobile sebagai indikator SEO. Jadi kecepatan website, baik di perangkat desktop maupun mobile, akan dinilai Google untuk menentukan peringkat di hasil pencarian.
Untuk membuat website yang super cepat, Anda memerlukan dukungan web server tercepat juga. Saat ini predikat web server tercepat dipegang oleh Lite Speed Web Server (LSWS). Menggunakan web server tercepat saja belum cukup. Diperlukan berbagai langkah optimasi untuk meningkatkan kecepatan website.
Delapan faktor utama tersebut bisa berubah kapan saja mengikuti update algoritma Google. Sebaiknya Anda harus selalu mengikuti perkembangan yang dirilis Google agar bisa menyesuaikan komponen-komponen SEO Anda dengan algoritma terbaru.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url