Buah Mangga, Kandungan Vitamin pada Daging Buahnya

Buah mangga mengandung beberapa vitamin penting
Buah Mangga
Buah Mangga (Foto Istimewa DM)
Buah mangga mengandung beberapa vitamin penting, termasuk:

Vitamin C :

Buah mangga kaya akan vitamin C, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menyerap zat besi tubuh. Satu potongan ukuran rata-rata daging buah mangga memberikan sekitar 100% kebutuhan vitamin C harian.

Vitamin A:

Buah mangga juga mengandung vitamin A, yang diperlukan untuk kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh. Satu potongan ukuran rata-rata daging buah mangga memberikan sekitar 25% kebutuhan vitamin A harian.

Vitamin K:

Buah mangga juga mengandung vitamin K yang diperlukan untuk membekukan darah yang sehat dan kesehatan tulang. Satu potongan ukuran rata-rata daging mangga memberikan sekitar 6% kebutuhan vitamin K harian.
Selain itu, buah mangga juga mengandung beberapa vitamin B kompleks seperti vitamin B6, folat, dan riboflavin yang penting untuk kesehatan sistem saraf, metabolisme, dan kesehatan sel darah merah.
Buah Mangga (Jawa: Kuweni)
Buah Mangga (Jawa: Kuweni)
Saat ini sudah banyak aneka produk makanan yang terbuat dari mangga untuk menciptakan rasa mangga, seperti es krim, yoghurt, sirup, dan lain-lain. Umumnya, mangga memang dimakan secara langsung. Namun, ternyata ada cara lain mengonsumsi mangga yang lebih tepat untuk mendapatkan khasiat yang lebih optimal. Berikut ulasannya:

Sebaiknya dimakan Sebelum Makanan Berat

Biasanya, mangga dijadikan sebagai hidangan pencuci mulut. Ternyata, cara tersebut kurang tepat karena tidak akan mendapatkan khasiat nutrisi buah mangga dengan optimal. Sebaiknya konsumsi buah mangga sebelum menu utama atau makanan berat di saat perut masih kosong. Namun, jika Anda penderita maag, usahakan isi perut dengan makanan terlebih dahulu.

Jangan Buang Kulit Mangga

Kulit mangga ternyata berkhasiat sebagai masker muka yang mampu memuluskan wajah serta menghindarkan wajah dari serangan jerawat. Penggunaan kulit wajah cukup dengan ditempel bagian dalam kulit mangga ke wajah Anda, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Kulit mangga bekerja dengan membuka pori-pori wajah Anda yang tersumbat oleh kotoran dan menutrisi kulit wajah.

Jangan Mengkonsumsi Mangga yang Terlalu Manis

Bagi Anda penderita kencing manis atau diabetes melitus dengan kadar glukosa darah di atas 200 mg/dl, sebaiknya hindari mengonsumsi mangga yang terlalu manis meskipun sudah minum obat hipoglikemik atau obat penurun kadar glukosa darah.

Mangga Baik untuk Wanita saat Haid

Di India, mangga dijadikan obat untuk menyembuhkan anemia dan menjadi buah yang diandalkan ketika wanita sedang dalam masa haid dan hamil.

Pelunak Daging

Di beberapa negara tropis, buah mangga sering digunakan untuk melunakkan daging karena kandungan enzim proteolitik dalam mangga dapat berfungsi menghancurkan protein.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url